lintobaro
Loading...

Cara Kembalikan Start menu di Windows 8

Untuk teman-teman yang menggunakan Windows 8, apakah teman-teman mengalami sedikit kagok ketika menggunakan Windows 8 karena tidak adanya...

Untuk teman-teman yang menggunakan Windows 8, apakah teman-teman mengalami sedikit kagok ketika menggunakan Windows 8 karena tidak adanya Start menu? Jangan khawarir, pada postingan kali ini idgeeks akan bagikan alternatif cara untuk kembalikan Start menu di Windows 8.
Di Windows 8 Microsoft benar-benar telah menghilangkan Start menu untuk memaksa pengguna Windows 8 menggunakan Start screen. Dan dari yang kami coba dan rasakan, tampaknya Start screen tidak cukup nyaman dan mudah digunakan. Memang di tampilan Start screen menawarkan Live Tile yang mana kita dapat dengan mudah membaca email, berita, dan informasi terbaru dengan mudah hanya dengan melakukan pengaturan. Namun bagaimanapun masih lebih nyaman menggunakan Start menu dengan tampilan folder terstruktur untuk mencari dan bekerja dengan aplikasi tertentu.
Nah, bagi kita yang menginginkan Start menu hadir kembali di Windows 8, kita bisa memilih dari berbagai alternatif aplikasi tambahan sebagai pengganti Start menu. Kebanyakan aplikasi ini bisa didownload secara bebas dan gratis. Aplikasi-aplikasi ini mereplikasi Start menu dan juga membiarkan kita menyesuaikan tampilan dari Start menu yang akan muncul di Windows 8.
Dan berikut aplikasi-aplikasi yang bisa teman-teman Geeks gunakan untuk mengembalikan Start menu di Windows 8.
Power8
Power8
Disebut sebagai “pengganti lain Start menu untuk Windows 8,” Power8 menampilkan sebuah tombol Start di tempat yang biasa pada desktop. Mengklik tombol tersebut maka kita akan melihat two-pane menu yang akrab kita lihat. Di pane sebelah kiri, kita dapat pin aplikasi favorit kita dan mengakses semua program kita melalui menu Programs. Dari panel kanan, kita dapat membuka folder tertentu, seperti Computer, Libraries, Control Panel, Administrative Tools, dan Network
Sebuah kolom pencarian juga tampak di bagian bawah yang berguna untuk mencari setiap aplikasi, file, atau item lainnya pada PC kita. Perintah Run yang familiar memungkinkan kita mengetikan nama program, folder, atau file untuk membukanya. Menu juga menawarkan akses mudah ke Shut Down, Restart, Sleep, Hibernate, Log off, Screensaver, dan perintah Lock PC.
Klik kanan Start Power8 ini akan memicu menu pop-up dengan beberapa pilihan. Perintah Pengaturan memungkinkan kita menyesuaikan perilaku perangkat lunak. Kita dapat mengaturnya untuk auto start setiap kali kita log in ke Windows 8. KIta juga dapat mengubah ukuran tombol atau mengubah citranya.
Kita dapat memblokir semua fitur “Metro,” yang berarti mouse anda tidak akan lagi memicu Start screen thumbnail atau Charms bar. Bahkan dengan opsi yang yang ada tersebut kita dapat menekan tombol Windows pada keyboard untuk sampai ke Start screen atau tekan Win + C untuk mengaktifkan Charms bar.
Dibuat oleh tim pengembang di Ukraina, Power8 adalah pengganti Start menu yang sederhana namun efektif.
Win8 StartButton
Win8 Startbutton
Aplikasi ini bebas didownload dan gratis. Win8 StartButton memungkinkan kita men-tweak tampilan dan nuansa dari Start menu dengan fitur yang bisa disesuaikan. Mengklik pada tombol start akan menampilkan two-pane menu dengan akses ke program dan folder dan perintah untuk pencarian, run, dan help. Kita juga akan menemukan pilihan untuk Shutdown, restart, atau hibernate PC kita.
Klik kanan pada start akan membawa kita ke jendela Settings dimana kita dapat mengubah tata letak menu dan berbagai fitur lainnya. Sebagai contoh, kita dapat menonaktifkanWindows 8 hot corners jika kita ingin, menambah atau menghapus perintah dalam menu, dan mengubah skin-nya.
Win8 StartButton adalah program berguna dengan Start menu dasar dan beberapa penyesuaian untuk fitur-fitur canggih lainnya.
Pokki for Windows 8
Pokki for Windows
Hadir dari sebuah perusahaan bernama SweetLabs, Pokki for Windows 8 menawarkan slick menu dan dirancang dengan baik. Dari menu tersebut, kita dapat mengakses semua program dan membuka folder tertentu, seperti Documents, Music, dan Gambar. Sebuah kolom pencarian memungkinkan kita mencari program apapun. Dan menu Shut Down juga hadir dengan beberapa pilihan, seperti shut down, restart, sleep, dan hibernate.
Para pengembang Pokki tidak diam saja. Update terbaru untuk ikatan program lebih nyaman dan akrab dengan lingkungan Windows 8. Sebuah folder baru bernama Windows 8 Apps menampilkan link ke semua Windows Store Apps. Dan ketika kita mencari dari menu Pokki, aplikasi Windows Store Apps sekarang juga akan muncul di hasil pencarian.
Pokki untuk Windows 8 adalah salah satu program favorit untuk Start menu dengan desain dan host fitur yang bisa disesuaikan.
ViStart
vistartDibuat oleh Lee-Soft, ViStart menampilkan orb Windows 7 yang akarb kita lihat. Klik pada orb itu, dan akan muncul Start menu ViStart dengan folder dan shortcut di sebelah kiri dan link ke fitur populer Windows di sebelah kanan.
Kolom pencarian memungkinkan kita menemukan aplikasi atau file. Sebuah tombol shut down khusus menawarkan akses ke Shut down, Restart, Log off, dan Hibernate. Dan ViStart bermain baik dengan hot corner baru – Kita masih dapat mengakses thumbnail di kanan bawah untuk beralih di antara dua aplikasi terakhir yang terbuka.
Ada salah satu masalah di ViStart. Kita tidak bisa menemukan cara untuk mengatur Start menu. Klik kanan pada folder atau item lainnya tidak berpengaruh. Dan aku tidak bisa menemukan folder di mana ViStart menyimpan shortcut menu. Jadi tampaknya tidak ada cara untuk menyesuaikan menu. FAQ ViStart menegaskan bahwa tidak ada dukungan klik kanan, tetapi fitur tersebut akan mereka hadirkan untuk versi yang akan datang.
ViStart adalah cara sederhana dan cepat untuk mendapatkan kembali Start menu, asalkan kita tidak keberatan dengan ketidakmampuan untuk menyesuaikan menu. Ada yang perlu diperhatikan saat kita menginstal ViStart. Instalasi membawa pilihan untuk mengubah default search engine dengan menginstal browser add-on yang memaksa kita menggunakan search engine dari mereka.
Classic Shell
Classic ShellClassic Shell adalah kumpulan fitur dari versi Windows sebelumnya, termasuk Start menu klasik. Klik pada Windows orb setelah instalasi selesai, memungkinkan kita memilih antara menampilkan semua pengaturan dalam menu Start, atau hanya dasar-dasar. Kita juga dapat memilih antara single-paned menu sederhana atau dual-paned menu yang lebih modern.
Clasic Shell menu menampilkan program, dokumen, dan pengaturan. Perintah Run dan kolom Search juga terlihat. Mengklik pada ikon Shut Down akan menampilkan pilihan untuk Shutdown, Restart, Hibernate, Lock, dan Switch User. Perintah Help bahkan akan melakukan untuk Windows 8 Help and Support page yang baru.
Versi terbaru dari Classic Shell memungkinkan kita bypass Start Screen lebih cepat. Ia juga menambahkan jump-lists ke menu utama. Dan sekarang kita dapat mencari dan membuka aplikasi Windows Store langsung dari submenu.
Tidak seperti ViStart, Classic Shell dapat dikustomisasi. Program ini menawarkan berbagai pengaturan dan pilihan yang kita dapat semua lakukan sesuai dengan yang kita inginkan. Kita dapat mempelajari lebih lanjut tentang utilitas melalui halaman rinci FAQ nya.
StartMenu7
Startmenu7
Juga dikenal dengan StartMenuX, utilitas ini memungkinkan kita menyesuaikan tampilan, dan fungsionalitas dari Start Menu yang fleksibel.
Kita dapat mengubah ukuran menu untuk menentukan banyak atau sedikitnya ruang yang kita inginkan. Kita bisa klik kanan pada folder atau shortcut untuk mengakses menu pop-up. Kita dapat mengubah Windows orb ke tampilan klasik WIndows 7 dan Windows 8 dengan logo baru. Bahkan ada pilihan untuk membentuk kelompok virtual untuk mengatur shortcut kita.
Run tradisional dan perintah Cari atau search juga tersedia. Dan panel Power Control akan menampilkan pilihan untuk Shut Down, Restart, Hibernate, Sleep, dan bahkan undock. StartMenu7 tersedia dalam dua versi, yaitu versi gratis dan versi Pro dengan harga $ 20 yang menawarkan fitur dan kustomisasi yang lebih banyak.
Kekurangan dari StartMenu7 adalah ia benar-benar memutus akses ke Start screen Windows 8. Setelah menginstal utilitas, kita tidak bisa lagi mengakses Start screen thumbnail di sudut kanan bawah. Bahkan ketika kita menekan tombol Windows hanya membuka start menu program. Charms Bar masih bekerja, dan untuk kembali ke Start Screen kita bisa menggunakan Charms Bar ini.

[via CNET]

Posting Komentar Default Comments Disqus Comments

emo-but-icon

Beranda item

Facebook

Statistics

Total Tayangan Halaman