lintobaro
Loading...

Kesepian Ajah

Apa itu kesepian? Apa lo yakin lo tidak kesepian? Suka nyalain TV bukan untuk ditonton acaranya, tapi biar kayak ada teman aja? Secara ti...

Apa itu kesepian? Apa lo yakin lo tidak kesepian? Suka nyalain TV bukan untuk ditonton acaranya, tapi biar kayak ada teman aja?

Secara tidak sadar, teknologi sudah membuat kesepian tertanam secara tidak sadar dalam diri kita. Contoh simpelnya, zaman gue kecil, TV di kampung cuma satu orang yang punya. Tiap malem orang sekampung ngumpul nonton bersama. Atau, dulu biasanya satu rumah cuma ada satu TV aja, jadi tiap malem sekeluarga ngumpul di ruangan yang namanya ruang keluarga. Dengan majunya teknologi, hiburan ada di genggaman. Ruang keluarga Yang nonton ortu aja. Anaknya Main gadget di kamar.

Social Media juga sudah membuat banyak orang tak bisa membedakan mana simpati & yang mana empati. Merasa simpati itu lebih penting daripada empati. Contoh simpelnya, dulu ada satu teman sekelas yang sakit, anak-anak lain pada jengukin ke rumah. Tapi Sekarang? Cukup ucapin “GWS” di Path. Dulu, ada teman ultah, kita dateng bawain kue atau setidaknya ngucapin ‘met ultah’ langsung. Sekarang? Ucapin “HBD WYATB” di chat.

Semua kebiasaan itu, membuat ikatan emosional manusia berkurang. Suka/duka yg mereka rasakan kepada teman, jadi kurang nyata. Social Media membuat sebagian orang berharap untuk jadi orang eksis. Eksis dalam artian punya banyak orang yg dikenal. Bukan teman. Ya, banyak juga orang yang menargetkan punya teman bukan dari segi kualitas pertemanan, tapi kuantitas/jumlah teman. Bukan ikatan. Endingnya, punya banyak teman, tapi sedikit yang benar-benar memberi kepedulian. Nah, kalo udah gini, masih bisa bilang gak kesepian?

Intinya, kesepian bukan terjadi karena sendiri. Tapi saat punya banyak teman, tapi gak ada yang mau mengerti/berempati.

Oiyah.. Contoh lain orang lebih suka simpati dari pada empati? Lebih milih selingkuh sama pacar dunia maya dari pada perhatian nyata dari pasangannya.

Inti dari postingan gue tadi bukannya ngajak temen-temen berhenti main socmed. Tapi gue nyaranin untuk nyeimbangin kehidupan nyata & maya. Saat lagi bareng temen di dunia nyata, tinggalin dulu bentar urusan dunia maya. Biar apa? Biar gak nyuekin temen2nya. :)
Motivasi 5277205956214656726

Posting Komentar Default Comments Disqus Comments

emo-but-icon

Beranda item

Facebook

Statistics

Total Tayangan Halaman