lintobaro
Loading...

Jenis-Jenis Opini dalam Audit Laporan Keuangan

Wajar Tanpa Pengecualian (WTP) -  Unqualified Opinion Para ahli sepakat bahwa opini  Unqualified Opinion  merupakan opini yang dikemu...

  • Wajar Tanpa Pengecualian (WTP) - Unqualified Opinion
Para ahli sepakat bahwa opini Unqualified Opinion merupakan opini yang dikemukakan oleh lembaga asersi (lembaga auditor) yang menggambarkan kualitas terbaik atas sebuah laporan keuangan. Jenis Opini  inimenyatakan bahwa laporan keuangan disajikan secara wajar dalam semua hal yang material, posisi keuangan, hasil usaha, dan arus kas sesuai dengan prinsip akuntansi yang berlaku umum. Dalam hal laporan keuangan privat berarti merujuk pada Pernyataan Standar Akuntansi Keuangan, sedangkan untuk keuangan negara merujuk pada Pernyataan Standar Akuntansi Pemerintahan.

  • Wajar Dengan Pengecualian (WDP) - Qualified Opinion
Opini WDP menyatakan bahwa laporan keuangan menyajikan secara wajar dalam semua hal yang material, posisi keuangan, hasil usaha dan arus kas entitas sesuai prinsip akuntansi yang berlaku umum, kecuali untuk dampak hal-hal yang yang dikecualikan.

  • Tidak Wajar (TW) - Adverse
Kondisi yang menyebabkan pemeriksa menyatakan opini TW adalah ketika pemeriksa, setelah memperoleh bukti pemeriksaan yang cukup memadai, menyimpulkan bahwa penyimpangan dari prinsip akuntansi (salah saji) yang ditemukan, baik secara individual maupun agregat/bertingkat, adalah material dan pervasive (merembes – berdampak menyeluruh) pada laporan keuangan.

  • Tidak Memberikan Pendapat (TMP) - Disclaimer
Kondisi yang menyebabkan pemeriksa menyatakan opini TMP adalah adanya pembatasan lingkup yang luar biasa sehingga pemeriksa tidak dapat memperoleh bukti yang cukup memadai sebagai dasar menyatakan pendapat (opini).
Bahan Kuliah 9028241975478401145

Posting Komentar Default Comments Disqus Comments

emo-but-icon

Beranda item

Facebook

Statistics

Total Tayangan Halaman