lintobaro
Loading...

Mitos & Takhayul Seputar Gerhana Matahari dari Berbagai Belahan Dunia



Rasanya nggak kekinian ya kalo seorang blogger tidak ngebahas tentang Fenomena Alam yang bakal terjadi di 9 Maret mendatang. Gerhana Matahari! Peristiwa Gerhana Matahari Total ini akan terjadi di sejumlah wilayah di Indonesia pada 9 Maret 2016

Kepala Lembaga Penerbangan dan Antariksa Nasional (Lapan) Thomas Djamaludin menjelaskan, gerhana akan melintasi 11 provinsi di Indonesia: Bengkulu, Jambi, Sumatera Selatan, Bangka Belitung, Kalimantan Barat, Kalimantan Selatan, Kalimantan Tengah, Kalimantan Timur, Sulawesi Barat, Sulawesi Tengah, dan Maluku Utara. Pasti kamu yang daerahnya disebutin Seneng Banget! :D

Ketika gerhana matahari total terjadi, langit akan berubah gelap selama beberapa menit, walau hari masih pagi atau siang. Di langit, nampak bentuk menyerupai cincin.

Mengapa gerhana matahari terjadi?



Sesungguhnya, gerhana matahari adalah 'kecelakaan' alam. Dikutip astro.ukho.gov.uk, gerhana terjadi jika Bulan, Matahari, dan Bumi berada pada satu garis sejajar. Gerhana matahari terjadi pada bulan baru, ketika bulan 'diapit' matahari dan bumi.

Namun, sebelum ilmu pengetahuan berkembang, orang-orang masa lalu punya anggapan berbeda mengenai terjadinya gerhana matahari. Meski singkat, kegelapan yang dipicu fenomena astronomi tersebut sering dikaitkan dengan dunia lain.

Berikut beberapa mitos & takhayul mengenai terjadinya gerhana matahari:

1 | Kematian & Kehidupan 

Umat Islam pada jaman Rasulullah jika terjadi Gerhana Matahari mereka percaya itu pertanda akan Lahir atau Meninggalnya seseorang. Namun Rasulullah bersabda "Sesungguhnya matahari dan bulan adalah dua tanda dari tanda-tanda kekuasaan Allah. Terjadinya gerhana matahari atau bulan tidaklah terkait kematian atau kehidupan seseorang. Karenanya jika kalian melihat gerhana itu, berdoalah kepada Allah, bertakbirlah, sholatlah dan bersedekahlah" (HR. Bukhari)

2 | Matahari dimakan Kodok

Di Vietnam kuno, orang-orang percaya bahwa gerhana matahari terjadi karena kodok raksasa makan Matahari.

Sementara di China, orang-orang menuding naga telah 'melahap' Matahari. Di Eropa, kaum Viking menganggap serigala yang bertanggung jawab atas 'raib'nya Sang Surya.

3 | Kemarahan Iblis

Menurut mitologi Hindu, Rahu si iblis dipenggal kepalanya oleh Dewa Wisnu karena minum nektar yang diperuntukkan bagi dewa-dewa. Kepala si iblis melayang melintasi langit, dan ia menelan matahari.

Untuk menakut-nakuti Rahu, umum bagi orang-orang memukuli panci dan peralatan masak, membuat bunyi nyaring pada saat terjadi gerhana. Agar si iblis melepaskan Matahari dan terang kembali ke Bumi.

4 | Anjing Mencuri Matahari

Sedangkan, cerita rakyat Korea menuturkan bahwa seekor anjing mistis mencuri matahari, mengakibatkan terjadinya gerhana matahari.

5 | Kemarahan & Peringatan

Masyarakat Yunani kuno percaya bahwa gerhana matahari merupakan tanda kemarahan dewa-dewi, dan terjadinya merupakan peringatan akan datangnya bencana dan kehancuran.

Sedangkan Suku Tewa di Meksiko menganggap hal tersebut juga merupakan kemarahan matahari yang mencoba pulang ke rumahnya di neraka.

6 | Pesan Damai

Suku Batammaliba dari Benin dan Togo dari Afrika Barat percaya dengan legenda yang mengatakan, pada saat terjadinya gerhana, matahari dan bulan sedang bertengkar. Satu-satunya cara untuk menghentikan konflik, mereka percaya, adalah orang-orang Bumi harus mengesampingkan perbedaan.

7 | Jangan Keluar Rumah

Mitos yang lebih modern menyatakan gerhana matahari berbahaya untuk wanita hamil dan jabang bayi. Di beberapa budaya, anak-anak dan ibu hamil diminta jangan keluar rumah pada saat terjadinya gerhana.

8 | Puasa

Di sebagian India, orang-orang tidak makan saat terjadinya gerhana matahari. Mereka khawatir, makanan yang dimasak saat terjadinya gerhana akan berubah menjadi racun.

9 | Tanam bunga saat Gerhana!

Namun, tidak semua mitos mengelilingi gerhana matahari buruk adanya. Di Italia, beberapa orang percaya bahwa bunga yang ditanam saat ada gerhana matahari akan menjadi lebih indah dan berwarna dibandingkan ketika ditanam pada waktu lainnya.

10 | Matahari dan Bulan Sedang Bertengkar

Menurut legenda Suku Inuit [eskimo], dewi matahari bernama Malina kabur setelah bertengkar dengan Dewa Bulan, Annigan. Namun bagi Suku Batammaliba di Afrika menggunakan fenomena ini sebagai pelajaran. Dalam legenda mereka, ketika gerhana terjadi maka matahari dan bulan tengah bertengkar. Agar mereka akur, orang suku tersebut harus berbuat baik kepada sesama.

11 | Legenda Batara Kala Indonesia

Gerhana Matahari Total kerap kali diartikan sebagai pembalasan dendam Batara Kala terhadap Sang Surya. Raksasa ini, diceritakan berhasil menangkap sang surya sehingga terjadilah Gerhana Matahari.
Artikel 6779516081679942578

Posting Komentar Default Comments Disqus Comments

emo-but-icon

Beranda item

Facebook

Statistics

Total Tayangan Halaman