lintobaro
Loading...

8 Hal Yang Dapat DiLakukan Pada Momen Gerhana Matahari Total 9 Maret 2016




Assalamu'alaikum Rakans :)

Sudah enggak sabar ya, nunggu tanggal 9 Maretnya! Secara, fenomena yang satu ini memang sangat ditunggu-tunggu oleh kamu-kamu yang kepengen banget melihatnya. Gerhana Matahari Total, dan Indonesia adalah satu-satunya negara yang bisa melihat fenomena tersebut.

Gerhana Matahari Total yang akan terjadi pas tanggal 9 Maret 2016 ntar akan melintasi 11 provinsi di Indonesia: Bengkulu, Jambi, Sumatera Selatan, Bangka Belitung, Kalimantan Barat, Kalimantan Selatan, Kalimantan Tengah, Kalimantan Timur, Sulawesi Barat, Sulawesi Tengah, dan Maluku Utara. Seneng deh kalau Kota kamu masuk, buat yang Kota kamu tidak disebutin Pindaaah aja bro! eh, kesana aja kalau kamu Kepingin Ngeliat GMT tersebut ya.

Walaupun gerhana adalah fenomena alam yang natural terjadi, manusia suka banget bikin cerita supernatural di balik fenomena gerhana. Masyarakat Jawa punya legenda Batarakala seputar gerhana matahari total. Katanya waktu gerhana, ada raksasa yang 'memakan' matahari dan bikin bumi jadi gelap gulita. Terus selama gerhana nggak ada yang boleh keluar rumah. Dan beberapa mitos dari berbagai belahan dunia seputar GMT tersebut.

Berikut adalah beberapa Hal Yang Dapat kamu Lakukan Dalam Momen Gerhana Matahari Total nanti:




8 | Festival Gerhana Matahari Total 2016

Kamu harus ambil bagian di acara tersebut, gerhana matahari total ini istimewa sampai diadakan festival gerhana matahari total 2016. Alasannya karena fenomena langka ini hanya terjadi setiap 350 tahun sekali. Wuih, coba bayangin deh, kalian akan menjadi saksi hidup yang menyaksikan langsung fenomena langka selama 350 tahun sekali ini. Bisa jadi baru turunan ketujuh kalian yang bisa menyaksikannya kembali. Itupun kalau kalian tidak tetap menjomblo.

Kesempatan langka ini nggak boleh kamu lewatkan begitu saja bukan? Benar, Indonesia akan menjadi satu-satunya negara di dunia yang dapat menyaksikan gerhana matahari total 2016. Nah, beberapa kota yang sudah siap menyambut festival gerhana matahari total 2016 diantaranya adalah Palembang, Bangka Belitung , Palangkaraya, Balikpapan, Palu, dan Ternate.

Pada tahun ini Indonesia memiliki banyak titik untuk bisa melihat gerhana matahari total. Selain turis lokal, gerhana matahari total (GMT) tahun ini diperkirakan mampu menyedot lebih dari 5.000 wisatawan mancanegara (wisman) dari berbagai negara.

Ayo tunggu apalagi? buruan untuk siap-siap Berwisata Gerhana Matahari Total 2016.

7 | Nembak Gebetan

Saat temen loe nanya “Kamu jadian dimana?” dan temen-temen loe yang lain jawab “dipuncak mahameru!” “di dasar laut-taman terumbu karang pas senorkling” “disanalah” “disitulah” Pas giliran Elo “Gue di atap gedung tertinggi di Indonesia pas Gerhana Matahari Total” enggak kalah keren dehhh!

Buruan nembak selagi ada momen bagus gitu dan sebelum ditikung ama temen sendiri juga! -___-“

6 | Lamar Kekasih

Moment Spesial banget ini buat Kamu yang ada rencana untuk mengakhiri masa lajang.. Menikah! dalam waktu dekat, inilah saat paling tepat!

Lamaran pas tanggal cantik udah ga jaman. lamaran dengan ngumpetin cincin ke dalam makanan atau minuman udah mainstream banget & kemungkinan gagal kalau pasangan kamu sampai menelan cincin tersebut. Hadeuuh!

Coba ajak pasangan kamu ketempat paling tinggi, baik itu atap gedung maupun puncak bukit pokoknya ketempat tinggian dikitlah biar feel-nya dapet. Terus ... ajak dia ngobrol pakai kata-kata romantis sedikit gombal setelah itu baru deh kamu utarain ke dia kalau kamu mau ngelamar dia. Maharnya? Itu.. Cincin dari Gerhana Matahari Total kan berbentuk cincin! Btw, dia mau nggak yaa? Haha, Pintar-pintar kamu ajasih manfaatin moment GMT tersebut. Pastinya moment begitu akan menjadi paragraf terindah dalam cerita hidup kamu & pasangan kamu tentunya.

5 | Foto-foto

Mengabadikan fenomena gerhana matahari total tentunya membutuhkan sejumlah persiapan yang matang dan tidak sembarangan mengambil foto apalagi selfie pas Gerhana Matahari, bisa berbahaya kalau kamu ngeliat Matahari dengan mata telanjang tanpa menggunakan sun filter. 

Sebaikknya kamu harus mempersiapkan semuanya sematang mungkin, supaya hasil jepretan kamera kamu sempurna dan demi keselamatan kamu tentunya. 

4 | Seleb Blogger ngumpul di Sumatera Selatan

Kalau kamu seorang blogger dan kepingin berburu Gerhana Matahari, sebaiknya kamu harus ke Palembang. kabarnya Dispudpar SumSel mengundang beberapa selebritas blogger yang berasal dari Singapura, Malaysia, Jakarta, Bandung, Bali dan Yogyakarta kesana. Siapa tahu kamu bisa meet up bareng mereka. 

3 | Study Tour

Fenomena alam yang sangat luar biasa ini bisa dimanfaatkan nih bagi guru-guru di Sekolah mengajak Murid-muridnya Study Tour menyaksikan fenomena Gerhana Matahari secara langsung. Supaya masyarakat tidak (lagi) terbodohi sama mitos-mitos yang tidak masuk akal berkaitan dengan Gerhana Matahari tersebut. Agar mereka tahu apasih yang harus dilakukan saat terjadinya Gerhana Matahari, Juga belajar dari alam.

2 | Berdoa

Hal ini berdasarkan atas sabda Nabi Muhammad SAW, “Oleh karena itu, bila kalian melihatnya, maka berdoalah kepada Allah dan shalatlah sampai kembali terang.” (Muttafaqun ‘Alaihi).

Selain itu, Kita juga dianjurkan untuk memperbanyak dzikir, istighfar, takbir, sedekah dan berbuat amal shalih lainnya.

1 | Shalat Gerhana Matahari Berjamaah

Jika Kamu melihat Gerhana maka keluarlah dan menuju masjid untuk menunaikan shalat gerhana berjama’ah, sebagaimana disebutkan dalam hadits,“Maka Rasulullah Shallallahu ‘Alaihi wa Sallam keluar menuju masjid, kemudian beliau berdiri, selanjutnya bertakbir dan sahabat berdiri dalam shaf di belakangnya.” (Muttafaqun ‘Alaihi).

Melaksanakan Shalat Gerhana hukumnya Sunah Mu'akad. Boleh dilakukan berjamaah, maupun dilakukan sendiri. Waktu untuk mengerjakan shalat gerhana dimulai dari awal gerhana matahari sampai gerhana tersebut berakhir.

Kemudian berkhutbah setelah shalat, sebagaimana disebutkan dalam hadits, ‘Aisyah Radhiallahu’anha berkata: Sesungguhnya Nabi Shallallahu ‘alaihi wa Sallam, tatkala selesai shalat, dia berdiri menghadap manusia lalu berkhutbah. (HR Bukhari)

Itulah beberapa Hal Yang Dapat kamu Lakukan Pada Momen Gerhana Matahari Total 9 Maret 2016 nanti, Kalo kamu tidak berada di kota yang dilalui GMT tersebut, kamu bisa baca-baca di Linimasa ntar & live streaming via Periscope temen-temen yang lagi berada di TKP. Jika ada tambahan versi kamu dikomen saja yaa :)
Artikel 1902366195955968204

Posting Komentar Default Comments Disqus Comments

emo-but-icon

Beranda item

Facebook

Statistics

Total Tayangan Halaman