Sudah jadi kebiasaan, kalo lagi rame-rame liburan, maka kamera adalah salah satu barang yang bakalan di-‘abuse’. Karena konteksnya sedang berada di tempat liburan, apalagi tempat liburannya cukup eksotis, maka menjadi mudah untuk dimaklumi untuk mengambil foto di setiap sudut tempat wisata tersebut. Dari mulai baru di dalem pesawat, di bandaranya, di depan pesawatnya, pas mau masuk taksi di bandara, sampe toilet bandara juga difoto. Bayangin aja tuh, baru nemplok di tujuan wisata, mungkin udah setengah full si SD Card-nya.

Berbagai alasan pun bermunculan, seperti, “Kan biar entar ada ceritanya, biar temen-temen bisa pada liat juga gitu...”, “Kan biar gak lupa sama tempat wisatanya tauuu!...”, dll. Tapi kami mencoba meluruskan pandangan kamu melalui artikel ini.

Apa perlu kamu ngambil ribuan foto (ini sesuai fakta di lapangan) pas kamu liburan? Kamu liburan apa magang jadi fotografer? Fotografer aja gak gitu-gitu amat kayaknya. Itu baru yang dari DSLR loh ya, belom tau lagi deh yang kamu ambil pake tablet, atau smartphone kamu. Kalo dijumlahin di kalkulator mungkin yang muncul lambang “E”. Kalo dicetak semua udah bisa jadi pameran tunggal kali ya? Ckckck..

Foto-foto emang bisa digunain untuk menyimpan kenangan kamu di sana, tapi ada baiknya kamu ngambil foto ya yang secukupnya aja. Di tempat-tempat yang emang penting untuk diambil. Dan juga di momen-momen yang wajib diabadikan. Misalnya di depan tempat wisata di sana, atau tempat-tempat yagn menurut kamu keren.

Emang kenapa sih gak perlu foto banyak-banyak di tempat liburan??

Foto: dari #AibTeman
 

1. Ngabisin Database
Ketika kamu foto-foto, apalagi kalo yang doyan nge-’burst’, foto terus-terusan cuma beda-beda angle dikit doang, itu gunanya buat apa emang? Emang kamu perlu ngingetin bentuk muka kamu perdetik di sana? Kan gak juga toh? Selain itu, ketika kamu pindahin komputer, bayangin ya, misalnya aja satu file foto kamu gedenya 5mb, kalo foto kamu ratusan, bisa jadi brapa giga itu? Kalo HD kamu berapa tera sih gak apa-apa, kalo yang cuma 20gb, bisa langsung full deh.

Apalagi kalo kamu punya foto sampe ratusan (sekali jalan-jalan) terus semuanya langsung di-upload ke Facebook, blek-blek.... Terus dipisah dalam beberapa album. Kami sih cuma kasian aja sama Facebooknya. Tar penuh database-nya sama gaya ‘duckface’. Hih.

2. Apa-apa yang berlebihan gak baik
Inget kata mamah kamu, kata buyut kamu, kalo semua yang berlebihan itu gak baik adanya. Bahkan yang baik sekalipun kalo terlalu baik, jadi gak baik. Jadi foto-foto aja secukupnya. Kalo kamu foto banyak-banyak juga gak bakal jadi apa-apa selain bahan upload-an, malahan kadang lebih banyak yang gak kepakenya daripada yang dicetak. Kecuali kalo satunya bisa kamu jual ceban, ya kita sih gak bisa ngalangin lagi jadinya. Malah kami mendoakan agar kamu berhasil dan akhirnya kami kecipratan juga.

3. Entar malah gak liburan
Kembali ke kegiatan kamu yang sibuk foto-foto di tempat berlibur. Secara gak sadar kamu tetep ngambil foto di mana pun, di depan kaca, depan mobil orang, di atas pohon, di pinggir kolam renang, di samping pohon, bareng polisi setempat, sama bule. Kamu cuma fokus di foto-foto, padahal tujuan kamu kan mau liburan. Kalo kamu malah sibuk foto, jadinya ya kamu malah gak ngerasain liburan itu sendiri.

Liburan itu seharusnya kamu hura-hura, lari-larian muter pohon, ketawa kayak nenek lampir, sambil makan-makanan yang enak, atau bisa juga bertapa melipir dari kebisingan kehidupan. Kalo mau foto-foto terus mendingan magang di tempat wisatanya, jadi tukang foto ekspres. He he he.

4. Gak ada yang mau tau ‘banget’ juga
Ketauhilah bahwasanya di muka bumi ini gak ada yang sebegitunya pengen tau banget tentang liburan kamu. Jadi gak usah semua pergerakan pada liburan kamu harus diabadikan. Apalagi pergerakan tiap menit, lebih gak perlu lagi. Mereka paling cuma liat sekilas aja, terus ngeklik like. Udah. Cukup. Gak. Usah. Di-upload. Terus. Tiap. Detik. Juga.

Nah, itu sih, beberapa alesan kami, menyarankan kamu untuk tidak foto-foto secara ‘lebay-ism’ di tempat wisata. Tapi semuanya kembali kepada dirimu, yang empunya kamera tersebut. Gunakanlah sebijak mungkin, sebijak petugas pajak yang sedang mencari jejak (ngapain?).