lintobaro
Loading...

Kebiasaan Buruk Siswa yang Masih Ada / Terbawa ke Bangku Kuliah

Bulan ini sudah masuk masa libur sekolah dan akan masuk tahun ajaran baru. Tentu adik-adik kita yang di SMA/SMK akan melanjutkan ke bang...


Bulan ini sudah masuk masa libur sekolah dan akan masuk tahun ajaran baru. Tentu adik-adik kita yang di SMA/SMK akan melanjutkan ke bangku kuliah / perguruan tinggi yang beruntung melalui jalur beasiswa ataupun memiliki rezeki. Beberapa tes pun sudah adik-adik kita tempuh dari SNMPTN, SBMPTN, dan yang terakhir nanti UMBPTN.

Kita juga merasa ikut senang karena banyak penerus bangsa yang mampu meneruskan ke perguruan tinggi. Namun tanpa kita sadari ternyata kebiasaan siswa semasa di bangku sekolah terbawa juga ke bangku kuliah.  Kalau kebiasaan positif sih tidak masalah, tapi saya perhatihan banyak juga kebiasaan buruk siswa yang terbawa ke bangku kuliah. Kebiasaan buruk apa saja itu? Kebetulan saya kerja di kampus, dan suka memperhatikan kebiasaan mahasiswa yang ajaib. Padahal mereka seharusnya sudah lebih maha dari siswa / lebih dewasa. Saya juga foto beberapa kebiasaan buruk itu.

1. Suka merusak dan corat coret ga jelas pengumuman kampus
Foto diambil dari dalam ruang kelas
Foto di atas adalah pengumuman mengenai tata tertib mahasiswa yang saya pun tak mengerti maksud ini orang corat-coret pengumuman itu. Antara ga ada kerjaan atau emang punya kelainan. Apa lagi jika dilihat kata-katanya. Seharusnya mahasiswa punya sopan santun karena sudah lebih dewasa. Nyatanya kebiasaan buruk di sekolah ini masih terbawa ke bangku kuliah.

2. Suka coret-coret bangku kampus.
Bangku kampus buat nulis contekan
Nyonteknya kurang cerdas nih, saya kebetulan nemu bangku yang terdapat contekan dari mahasiswa. Kebiasaan menconteknya membuat mahasiswa menjadi terlalu kreatif dan menjadikan bangku sebagai tempat contekannya. Dan masih banyak lagi corat-coret mahasiswa selain contekan. Ini juga termasuk kebiasaan buruk di sekolah. Bedanya di sekolah corat-coretnya ketemunya "Budi Love Desi". :D

3. Nyontek pas UTS dan UAS
Nyontek kalau menurut saya budaya warisan dari sekolah yang susah dimusnahkan. Semua orang juga pasti pernah nyontek (termasuk saya :D ) cuma bedanya ada yang nyontek nya pinter (ga ketahuan guru dan teman) dan ada yang nyonteknya bodoh (terang-terangan). Nyontek dikit seuprit normal, tapi ada loh mahasiswa yang tiap ujian kerjaannya nunggu ilham (diem), nunggu temannya ngasih jawaban. Ini yang bener-bener ajaib deh bikin geleng-geleng.

4. Sering ga masuk kelas / mabal (triknya titip ttd).

Mabal pasti udah familiar kan ditelinga ente, secara ente tukang mabal pas waktu sekolah kan. :D Mabal kayaknya emang udah identik dengan kebiasaan buruk siswa di sekolah. Bedanya kalau di sekolah mabal susah absen alias ente alfa, kalau di kampus biasanya punya trik titip tanda tangan ke temen. Bilangnya sakit atau nganter orangtua ke pasar dll. Padahal lagi nongkrong sama pacar di kantin.haha.

5. Tawuran jadi Demo Anarkis
Mahasiswa demo anarkis
Siswa sedang tawuran
Kedua foto di atas jika kita lihat memang memiliki kemiripan. Kemiripannya adalah sikap so' jagoan mereka dengan melakukan kekerasan. Kebiasaan buruk tawuran di sekolah terbawa ke kampus namun dalam kondisi yang berbeda. Mahasiwa jadi so' jagoan dan anarkis ketika melakukan demo tanpa memperhitungkan hal yang terburuk yang terjadi.

6. Pakaian ketat

Kalau kita tengok siswa-siswa zaman sekarang pasti pernah lihat gaya berpakaian mereka yang aneh-aneh. Dari kerudung yang poni nya dikeluarin, celana sontog, maupun pakaian alay ketat. Ternyata gaya berpakaian yang alay ini ada juga yang terbawa ke bangku kuliah. Terutama untuk cewek-cewek yang biasa menggunakan pakaian ketat. Astaga euy...

Sebenarnya masih banyak lagi kebiasaan buruk dari siswa yang masih ada / terbawa ke bangku kuliah. Tulisan ini hanya sekedar mengingatkan dan pencerahaan agar kebiasaan-kebiasaan buruk selama di sekolah tidak di bawa ke kampus mengingat sekarang sedang memasuki tahun ajaran baru. Ketika kalian sudah menjadi mahasiswa seharusnya kalian menjadi pribadi yang lebih dewasa dan memperhitungkan baik / buruk segala perilaku kalian. Dan lebih memilih melakukan hal yang positif demi kemajuan pendidikan Indonesia.

Selamat masuk tahun ajaran baru bro n sis.
Bahan Kuliah 3138436131676115874

Posting Komentar Default Comments Disqus Comments

emo-but-icon

Beranda item

Facebook

Statistics

Total Tayangan Halaman