lintobaro
Loading...

Tanggal Tua Ngenes & Kita yang Terlalu Drama



Ini adalah sebuah acara Kompetisi Blogger ShopCoupons X MatahariMall. Yang diselenggarakan oleh ShopCoupons. voucher mataharimall dan hadiah disponsori oleh MatahariMall.
mataharimall-kompetisi

Tanggal Tua.. dua kata yang paling sering sering serrring banget nyesekin kita-kita disetiap akhir bulan, right? Gimana nggak.. kalau ditanggal tua kita memang diharuskan untuk bener-bener menahan godaaan kenikmatan duniawi: misal kepengen shopping, makan makanan enak diresto terkenal, nginap di hotel berbintang dikarenakan kamar kossan berantakan sekayak kapal pecah, atau sekedar traveling ke kabupaten sebelah karena bosan sama aktivitas dan kemudian semua itu hanayalah untuk dipamerin ke followers Instagram kamu supaya kamu makin tenar and eksis terus di sannaaah.. Haha.

Banyak banget drama tentang kehebohan di Tanggal Tua. Mulai dari males buka dompet, mulai rajin berpuasa, berburu ojek gratis (nebeng motor teman), sampai nangis histeris sehabis baca buku.. tabungan!. boros diawal bulan menderita diakhir bulan dan begitu terus dramanya sampai berbulan-bulan tanpa tahu diri.. untuk segera bertobat. Sehingga drama “tanggal tua” sering menjadi top tranding topik Twitter Indonesia hampir setiap bulannya.

Tanggal Tua sangat identik dengan Mahasiswa. Namun apakah Manusia sebelum menjadi mahasiswa dan sesudah melepas status mahasiswa tidak berurusan (lagi) sama yang namanya tanggal tua? Tergantung...! Tetapi keganasan tanggal tua.. Mahasiswa lah yang paling merasakan. Ya dikarenakan Keuangan masih nungguin dikirim Orang Tua. sementara diri lebih fokus ke Kuliah.. Belajar!

 Oh iya, yuk intip dulu video berikut.. Ini Kisah Tanggal Tua si Budi.. 



Gimana? ngenest banget yaak? Namun endingnya.. Dia Bahagia #JadilahSepertiBudi

Mungkin gambaran umum Tanggal Tua kita semua seperti itu yaa.. bokek, berburu wifi gratis, gak ada shampoo sabun dkk, makan mie instan, Namun kali ini saya akan menceritakan dari sisi lain tanggal tua saya yang lebih mengenaskan dari si Budi dan lebih pahit dari kopi tanpa gula.

*****

#IniKisahGue

Once upon a time, Dimana dulu saya pernah menjadi korban keganasan tanggal tua untuk pertama kalinya.. iya pertama kali.. Setelah saya menjadi seorang mahasiswa. Jadi sebelumnya saya yang masih berstatus anak SMA yang berlatar belakang Anak Rumahan tidak mengenal si tanggal tua tersebut, secara.. semua masih dalam kontrol Orang Tua, jajan pas di sekolah aja sementara kebutuhan yang lain tinggal minta ke Ortu kalau enggak dibelanjain ya dikasih duit untuk dibeli sendiri. Enak banget dulu yaa..? pengen ini pengen itu tinggal minta doaaangg. Se-tamat dari SMA saya pindah ke Kota dan kuliah di salah satu kampus swasta di Banda Aceh dengan mengambil jurusan Akuntansi.

Sekaraang..? Sekarang rasanya ingin kembali saja menjadi kecil lagi, memulai hidup dari awal, memakai seragam SD haha. Betapa tidak menyenangkan menjadi seorang mahasiswa, bukan tidak suka aktivitasnya, tapi pengeluaran yang kadang-kadang bikin kita SHOCK!! Mau apa-apa harus dibayarin dulu. Mulai dari makan-minum, biaya SPP, biaya praktek/lab, biaya untuk ikutan seminar & organisasi, belum lagi biaya Kost yang setiap tahunnya Jutaan Rupiaaah.. Oops! bedewe saya tidak ngekost tapi tinggal di Asrama Mahasiswa milik Pemda cuma bayar beban listrik setiap bulanan.. Jadi uang jutaan rupiah buat bayar koss terselamatkan di Buku Tabungan.

Awal-awal pertama kuliah sampai semester pertama selesai enjoy aja ngejalaninnya, kan.. anak kesayangan pertama kali dilepas - merantau pasti banyak yang ngasih perhatian, enggak cuman Ortu tapi kakak dan abang juga seringkali ngasih duit tambahan. Namun seiring waktu terus berjalan perhatian dan kasih sayang orang-orang terdekat mulai memudar, dan di semester ke-2 modal hidup cuma ngandelin dari kiriman Orang tua aja nggak ada lagi duit tambahan. Setiap bulannya saya cuma dapat Rp 1 juta.. “...hemat-hemat ya disana, jgn lupa sholat & sedekah! mama” sepenggal kalimat terakhir dari SMS Mama.

Bagi mahasiswa yang kuliah di kota Banda Aceh dengan modal uang Rp 1.000.000,- perbulan itu sangat pas-passan, cukup buat makan nasi + menu favorit di RM langganan mereka sehari 3x & untuk biaya Adm (bensin motor) serta keperluan kecil lainnya. Jikalau mau shopping atau seneng-seneng, kayaknya harus cari duit tambahan sendiri atau bikin proposal lagi dengan embel-embel perlu duit untuk keperluan kuliah kepada Ortu biar dikasih duit tambahan.

Bermodal uang kiriman segitu, saya masih ngejalani hari-hari seperti biasanya: shopping dan keluar setiap malam bareng temen-temen, malem mingguan bareng ehemm.. ama pacar (emang loe, jomblo :p). Dan secara nggak sadar akibat dari aktivitas yang tak terkendalikan tersebut alias sedikit boros, di pertengahan bulan saldo tabungan pas dicek hanya bersisa Rp 200rb-an.. What the hell, bagaimana saya bisa hidup dengan duit segitu selama 2 minggu kedepan?

Awal keganasan Tanggal Tua mulai terasa.. saat itu pula saya mulai mengkonsumsi makanan yang jauh dari kata menyehatkan.. “Mie Instan”. Sebelumnya pernah sih makan sesekali tapi pesannya di warung Mie itupun lengkap dengan Rempah-rempahnya. Kalau mau pergi keluar pas ada jam kuliah aja, selesai kuliah pulang terus nggak lagi ikut nongkrong bareng temen-temen dikantin. Dan pastinya tidak ada lagi nge-date ditanggal tua.. saya juga tidak pernah cerita masalah keuangan ke dia.

Jadi, selama beberapa bulan saya masih bertahan di Tanggal Tua dengan menu Mie Instan atau Telor Goreng sesekali kedua bahan itu di Mix kadang juga dipisah tapi enggak jauh-jauh Cuma beda piring aja wkwkwk..
Hal-hal yang tak diinginkan oleh Mahasiswa :
1. ATM kosong
2. Dompet Tipis
3. Tanggal Tua
#Saat ATM ama Dompet kosongnya barengan ditanggal tua.. Kelaaaar Hidup Loe!
Pada bulan Juli 2014, pas lagi bokek-bokeknya di tanggal tua si pacar pake acara Ulang Tahun segala sementara Kas Sayalagi minus. Seharian kuliah full time pagi sampai sore, pulang ke Asrama langsung terkapar dikasur, padahal malam itu ada acara Ultahnya Dia tapi Saya bener-bener lupa. Hape pun mati tidak sempat di cas.. Dan selanjutnya kalian pasti bisa nebak apa yang akan terjadi.. Bersamaan dengan gue lupain Tanggal Ultahnya dia, Dia juga ngelupain gue. Ngenes banget! Sekarang hati gue pula ikutan KOSONG !!!

Ke-ganas-an tanggal tua nggak berakhir disitu, selang beberapa bulan kemudian tepat tanggal 25 Oktober 2014 SayaUltah, berhubung kas lagi pas-passan dan status udah (lagi) single, Sayaenggak bikin perayaan apa-apa, bahkan dihari itu milih matiin hape takut temen-temen ada yang minta ditraktir macem-macem. Namun malam harinya kebetulan malam minggu, ada temen kuliah nyamperin saya ke Asrama, dia ngajak nongkrong katanya ada makan-makan gratis juga.. ya saya harus ikut doong!

Setelah beberapa menitan berkendara dengan motor masing-masing.. Kami sampai juga ditempat tujuan, sebuah Kafe yang lumayan terkenal di kota Banda Aceh, setelah masuk betapa terkejutnya.. Ulang Tahun saya dirayaain, Surprise banget!

Yang namanya pesta ulang tahun pasti meriah.. semuanya seneng, bahagia, beban hidup lupa sejenak, ada foto-foto, potong kue, banyak kado. Begitulahhh.

Singkat cerita, saat pesta usai temen-temen pada pulang dan masih tinggal beberapa temen dekat saya yang masih ngobrol disana. Tiba-tiba mbak-mbak dari kasir nyamperin saya dan ngasih bill, dan gilanya temen-temen yang masih tinggal tadi sekarang udah pada menghilang tanpa jejak ninggalin kami bertiga: saya, mbak kasir dan selembar bill dengan sisa tagihan lebih dari Rp 500rb-an.. Sebagai warga negara yang baik saya nggak boleh ikutan kabur dong, saya harus bertanggung jawab. “mampoos gue, mana duit Cuma bersisa 200 ribuan di atm” Tanpa pikir panjang akhirnya saya harus menginapkan smartphone kesayangan disana. “maaf mbak dompet saya lagi menipis, saya Cuma punya ini” Saya ngasih smartphone ke dia “besok kalo duitnya sudah ada saya balik sini lagi secepatnya, sekali lagi minta maaf mbak” Mbak itu diam aja kemudian saya langsung pergi. Terimakasih Kadonya.. Terimakasih juga telah ngerjain Gue!
Gue Kapok!! Gue Benci Tanggal Tua!! Gue harus mengakhiri ini.. 
Paginya saya hubungin orang tua pake hape teman. “Apaaaa? Mau dikirim duit lagi? Kamu ini boros banget jadi anak!!” teriak papa dari telpon sana. “kamu harus belajar mandiri dong, kamu juga harus bisa cari uang sendiri, tanggung jawab kami bukan Cuma kamu saja.. masih..” sampai suara mama terdengar samar-samar saya ketiduran, semalaman nggak bisa tidur paginya kenak ceramah pula panjang lebar bergantian.

Gue memang salah, Gue harus berubaah..!! Alhamdulillah pas bangun.. ada SMS masuk: “duit besok papa kirim yaa”. Makasih Pah.
*****

Ending kisah tanggal tua saya terselesaikan--berkat bantuan keuangan dari Papa, Namun saya tidak boleh terus-terusan seperti itu. Benar apa yang mama bilang tanggung jawab orang tua bukan Cuma kita aja tapi juga masih ada adik-adik kita yang juga memiliki kebutuhan yang sama seperti kita, keperluan rumah tangga dan juga keperluan mereka sendiri. Sebagai mahasiswa kita memang dituntut mandiri, jangan terlalu bergantung pada orang lain, selagi bisa diraih sendiri ngapain harus nunggu pertolongan orang, khaaan?

Itulah drama asli dari kisah tanggal tua saya. Semoga aja itu menjadi akhir kisah paling mengenaskan dari dan untuk tanggal-tanggal tua saya berikutnya. Amin!

Dan.. Keganasan Tanggal Tua bagi mahasiswa seharusnya sudah berakhir yaa di tahun 2015 yang lalu, seharusnya pula bagi mahasiswa sekarang sudah bisa happy ditanggal tua di tahun 2016 ini, karena apa? Karena apaaa....? Karena sekarang sudah ada Matahari Mall dengan diskon gila-gilaan setiap harinya.. #yess! Perihal belanja ini itu tidak perlu takut lagi kantong jebol & merana ditanggal tua karena semua barang kebutuhan kamu ada disitu, Lengkap bro! - harganya pun hemat dehhh! ditambah lagi dengan berbagai penawaran & promo menarik. So, Tunggu apalagi? Ayo segera buka laptop atau smartphone kamu untuk memulai belanja di Matahari Mall !!! Yeay..
Dann ini penampakan situs MM tersebut!

Jangan kelamaan mikirnya..
Selain itu Matahari Mall juga baik banget, ngasih Diskon Gede di Tanggal Tua.. lewat promo TTS (Tanggal Tua Surprise). Jadi nggak usah takut lagi menghadapi Tanggal Tua. Berbahagialah seperti Budi di Video diatas #JadilahSepertiBudi


Semenjak kejadian itu, saya mulai menata hidup dan mencoba untuk hidup mandiri dengan melakukan perubahan-perubahan kecil. Berikut beberapa tips yang telah saya lakukan dan kamu juga harus menerapkannya supaya tanggal tuamu tidak mengenaskan :

1# Hemat

Hemat pangkal kaya, Boros bakal bikin loe menderita ditanggal tua” ini bener banget. Kalau kita hemat tanggal berapapun aja kita nggak masalah karena kita masih bisa makan enak nan bergizi & belanja. Pas dapat kiriman uang jangan boros seperti cerita saya diatas yaa.. ntar ikutan kualat hehe. Gunakan uang seperlunya saja, dahulukan kebutuhan. Dua hal berikut sangat harus diperhatikan.

  • Biasakan makan di Kost/Rumah: Setiap kali punya rencana keluar jalan-jalan biasakan selalu makan dulu di kost/rumah, hal ini untuk mengurangi jajan terlalu banyak diluar. Jika kamu hobi dan susah menghentikan makan diluar, sebaiknya kamu harus cari kupon diskon atau browsing dulu di Google cari tahu Resto mana yang lagi ngasih diskon. Juga mlimpir ke kondangan untuk perbaikan Gizi.
  • Tetapkan waktu Belanja: Jika kamu ingin shopping tetapkan waktunya, misal awal bulan dan pastikan belanja di tanggal-tanggal diskon. saran saya sih.. sebaiknya kamu belanja Online saja di Matahari Mall karena selain hemat waktu & tenaga.. disitu juga seringkali ada promo dan diskon yang sangat menggiurkan sampai 80% Olala. 
Tapi harus kamu ingat.. tidak semua diskon harus kamu lirik yaa, Intinya.. kita harus mengontrol gaya hidup.

2# Perbanyak teman

Banyak temen banyak rejeki” ..yaaps benar sekali! Jadi bergaullah dengan semua orang, dengan siapa aja baik tua maupun muda, kelas atas maupun kelas bawah, baik cewek ataupun cowok, bahkan dengan pejabat sekalipun, karena kita ini makhluk sosial. Jika temen ada masalah kita bisa nolongin mereka begitupun sebaliknya jika kita ada masalah temen pasti akan nolongin balik.

Punya banyak temen ada bonus tersendiri, coba bayangin jika kita punya banyak temen akrab, di saat tanggal tua pasti ada aja yang ngajak kita dalam segi "traktiran" ataupun sekedar ngajak masak bareng ditempat dia.

3# The Power of Uang 20 Ribu!

Kenapa dengan Uang 20 ribu? karena nominal uang segitu tidak terlalu gede juga tidak terlalu kecil, dan jika dikumpul beberapa lembar aja itu bakal bisa bikin kita hidup banget pas tanggal tua. 5 lembar aja sudah seratus ribu.

Tantangan nya adalah kita tidak boleh terdistraksi, atau tergoda untuk menggunakan uang itu, Perhatikan filosofi uang yang seperti air, jika tidak dibendung ia akan mengalir kemana-mana, tapi jika dibendung ia akan terkumpul! Oleh karena itu sebaiknya kita menyimpannya ditempat yang aman banget, misalnya dalam buku bekas, celengan juga boleh, ataupun dalam saku pakaian dalam lemari yang nggak kita pakai lagi.

4# Cari duit tambahan

Perah coba cari penghasilan tambahan? Kamu harus nyoba. Cari penghasilan tambahan tidak berarti kita harus menjadi karyawan kantoran, nggak harus jadi kuli bangunan dulu. Uang tambahan bisa ada dimana saja asalkan kitanya jeli. Kita semua pasti punya hobi ataupun bakat, Jadi kembangin aja bakat kamu itu untuk bisa menghasilkan rejeki.

Ada banyak cara untuk mendapatkan uang tambahan sesuai hobi kita, misal: Jualan online kalau follower instagram/twitter kamu banyak & suka hunting foto. Ikutan Kuis di Social Media seperti Facebook & Twitter. Jika hobi menulis kamu bisa ikutan Lomba Blog seperti “kompetisi blog: Ceritamu di Tanggal Tua” yang diadakan oleh Shop Coupons x Matahari Mall ini. Ikutan Live Kuis di Televisi kalau kamu doyan nonton sinetron. Bermain Adsense lewat Youtube atau Blog jika kamu hobi bikin Video & pinter nulis artikel. atau jadi pelayan di Kafe pada malam hari kalau kamu suka nongkrong di kafe haha, and so on.. pikir aja sendiri.

5# Hindari utang-piutang dalam jumlah besar

Jangan pernah suka ngutang, karena ntar uang kiriman awal bulan kamu akan terpotong gara-gara harus melunasi hutang, demikian pula memberi pinjaman uang keteman.. hindari aja dengan buat alasan sendiri, kecuali mendesak dan dalam jumlah yang nggak terlalu besar itupun ketemen yang kejujuraannya 90% bisa dipercaya aja, oke!

6# Hibur diri

Bokek di tanggal tua itu hal biasa, semua mahasiswa juga merasakan jadi nggak usah terlalu dipusingin mending hibur diri supaya tidak terlalu larut dalam kegalauan ditanggal tua.

Berhubung lagi bokek kek kekk.. hibur diri nggak mungkin harus ke tempat yang ramai seperti ke bioskop, wahana permainan, ke tempat Karaokean. Tapi kita bisa menghibur diri di rumah/kost kok! Misal dengan berolahraga, membaca buku, main gitar, atau sekedar menulis cerita di blog, masak-masak bareng temen, pasti tanggal tua akan bisa kita lalui dengan santai dan tentunya sehat.

7# Jangan Lupa Sedekah

Ada hak orang lain atas harta yang kita miliki” Jadi bersedekahlah seberapa bisa (mampu), jangan dipikir uang kita berkurang justru dengan bersedekah lah rezeki kita bertambah.

8# Berdoa agar dimudahkan Rezeki

Terakhir, jangan lupa berdoa, karena usaha aja tidak cukup tanpa dibarengin Doa. Selalu bersyukur atas apa yang kita miliki kalaupun kekurangan uang di tanggal tua jangan patah arah, terus berdoa, berharap tanggal tua jadi berkah.

Demikian beberapa kiat menghadapi Tanggal Tua sesuai dengan pengalaman saya pribadi. semoga bermanfaat! Thanks~
Lomba Blog 8957083097762398411

Posting Komentar Default Comments Disqus Comments

emo-but-icon

Beranda item

Facebook

Statistics

Total Tayangan Halaman