lintobaro
Loading...

Cara menentukan Target Market untuk memulai Bisnis

Sebetulnya saat kita memilih produk atau jasa yang hendak kita jual, sedikit banyak, tentu kita tahu, produk atau jasa kita ini untuk siapa saja.

.
Cuma kadang kita jadi lupa begitu melihat banyaknya kompetitor di sekitar kita, plus roaming dimana harus menemui target market yang kita sasar di awal membangun bisnis.
.
Agar lebih terarah, mari kita cek lagi, sebetulnya siapa saja sih yang menjadi target market produk atau jasa kita? Siapin kertas, dan mari kita orek-orekan lagi
.
✅ Cara #1. Cek data base pelanggan saat ini; Siapa saja yang ada di sana, berapa usianya, pekerjaannya, dan seterusnya.
.
Lengkapi juga data dengan apa alasan mereka membeli produk atau jasa teman-teman.. Cari tahu juga apa yang menarik dari bisnis atau jasa teman-teman.
.
Ini nggak selalu harus wawancara langsung lho, bisa juga dengan upload status minta pendapat dari para follower. Atau bisa juga dari melihat riwayat chat saat sedang transaksi.
.
✅Cara #2. Cek kompetitor; Amati siapa saja yang berkomentar di media sosial mereka, dan apa komentar mereka terkait produk atau jasa mereka
.
✅Cara #3. Analisa produk: Cek lagi fitur produk/ jasa kita, apa saja benefit yang kita tawarkan untuk pelanggan. Kemudian buat daftar, siapa sajakah yang kira-kira akan membutuhkan benefit produk/ jasa kita.
.
Hasil dari analisa cara #3 ini biasanya masih bersifat umum sih, tapi kalau tetep oke kita gunakan pada saat awal mengembangkan bisnis.
.
✅Cara #4. Gunakan teknik cermin; Biasanya kita memilih produk atau jasa karena disaat yang sama, kita pun sering membutuhkan produk tersebut. Nah, kita bisa memanfaatkan diri kita sendiri untuk menggambarkan siapa sebetulnya target market produk/ jasa kita.
.
✅Cara #5. Gunakan mesin pencari, artikel di majalah, blog, atau forum yang membahas produk/ jasa yang teman-teman tawarkan.
.
Lengkapi juga data diatas dengan value atau nilai yang biasa mereka pegang ya, kebiasaan belanja, pekerjaan, hobi, dan terutama, bagaimana cara mereka membuat keputusan membeli barang.
.
Nah, begitulah 5 cara yang biasa Mimin gunakan untuk menentukan target market. Semoga membantu mengobati kegalauan ya.

Posting Komentar Default Comments Disqus Comments

emo-but-icon

Beranda item

Facebook

Statistics

Total Tayangan Halaman