Cara menentukan Target Market untuk memulai Bisnis
https://lintobaro.blogspot.com/2020/09/menentukan-target-market-untuk-bisnis.html
Sebetulnya saat kita memilih produk atau jasa yang hendak kita jual, sedikit banyak, tentu kita tahu, produk atau jasa kita ini untuk siapa saja.
.
Cuma kadang kita jadi lupa begitu melihat banyaknya kompetitor di sekitar kita, plus roaming dimana harus menemui target market yang kita sasar di awal membangun bisnis.
.
Agar lebih terarah, mari kita cek lagi, sebetulnya siapa saja sih yang menjadi target market produk atau jasa kita? Siapin kertas, dan mari kita orek-orekan lagi
.
Cara #1. Cek data base pelanggan saat ini; Siapa saja yang ada di sana, berapa usianya, pekerjaannya, dan seterusnya.
.
Lengkapi juga data dengan apa alasan mereka membeli produk atau jasa teman-teman.. Cari tahu juga apa yang menarik dari bisnis atau jasa teman-teman.
.
Ini nggak selalu harus wawancara langsung lho, bisa juga dengan upload status minta pendapat dari para follower. Atau bisa juga dari melihat riwayat chat saat sedang transaksi.
.
Cara #2. Cek kompetitor; Amati siapa saja yang berkomentar di media sosial mereka, dan apa komentar mereka terkait produk atau jasa mereka
.
Cara #3. Analisa produk: Cek lagi fitur produk/ jasa kita, apa saja benefit yang kita tawarkan untuk pelanggan. Kemudian buat daftar, siapa sajakah yang kira-kira akan membutuhkan benefit produk/ jasa kita.
.
Hasil dari analisa cara #3 ini biasanya masih bersifat umum sih, tapi kalau tetep oke kita gunakan pada saat awal mengembangkan bisnis.
.
Cara #4. Gunakan teknik cermin; Biasanya kita memilih produk atau jasa karena disaat yang sama, kita pun sering membutuhkan produk tersebut. Nah, kita bisa memanfaatkan diri kita sendiri untuk menggambarkan siapa sebetulnya target market produk/ jasa kita.
.
Cara #5. Gunakan mesin pencari, artikel di majalah, blog, atau forum yang membahas produk/ jasa yang teman-teman tawarkan.
.
Lengkapi juga data diatas dengan value atau nilai yang biasa mereka pegang ya, kebiasaan belanja, pekerjaan, hobi, dan terutama, bagaimana cara mereka membuat keputusan membeli barang.
.
Nah, begitulah 5 cara yang biasa Mimin gunakan untuk menentukan target market. Semoga membantu mengobati kegalauan ya.